TANYA JAWAB

Kata Kunci

Topik

  • Tanya :

    Pak saya mencari produk fertibium B dan D buat d pasarkan d sini..

    Tian - Tanjung pandan belitung

    Jawab :

    Halo Bapak Tian,
    Mungkin yang dimaksud bukan Fertibium tapi FERTILUM ya? Silahkan WA ke Bagian Marketing kami di 08112644912 (Rifky). Terimakasih

    Widodo

  • Tanya :

    Admin yth, dimana saya bisa membeli produk-produknya di Kediri dan Blitar?

    M. Thofa - Kediri

    Jawab :

    Bapak M. Thofa yth, salam pertanian....
    Bapak bisa mengunjungi toko pertanian terdekat. Untuk Kediri bisa di https://belanjaagro.com/toko/ALTA-TANI, untuk Blitar di https://belanjaagro.com/toko/kusuma-jati

    Terima kasih

    Marketing

  • Tanya :

    Admin yth, mohon penjelasannya apa perbedaan unsur nitrogen / N yang terkandung pupuk urea, KNO3, dan ZA. Terimakasih atas jawabannya. Salam bertani.

    Gana - Blora

    Jawab :

    Mas Gana yth, salam bertani. 
    Bedanya adalah pada bentuk senyawanya. Unsur N dalam urea berupa senyawa NH2, dalam KNO3 berupa nitrat (NO3) sedangkan dalam ZA berupa amonium (NH4). N dalam urea yang berupa NH2 dapat diserap tanaman namun dapat dimanfaatkan langsung dalam bentuk NH2, tetapi harus dirubah dulu menjadi nitrat atau amonium. Untuk menjadi salah satu diantara keduanya melibatkan keberadaan oksigen, enzim tanaman, pH lingkungan dan bantuan mikroba.  Pada tanah yang kaya oksigen (lahan kering) urea dirubah menjadi nitrat (NO3) dengan bantuan bakteri nitrifikasi. Pada tanah basah seperti sawah dimana miskin oksigen urea diubah menjadi amonium (NH4).

    Admin

  • Tanya :

    Apa saja bentuk-bentuk formulasi pestisida?

    Gana - Sleman

    Jawab :

    EC, WP, SL, WDG

    Widodo

  • Tanya :

    Mohon informasinya, bagaimana mengendalikan hama uret yang yang menyerang akar tanaman? Saya sudah menggunakan insektisida tabur tetapi saya rasa hasilnya kurang memuaskan. Adakah alternatif lain? Terima kasih.

    Rendy Virgian - Kabupaten Sleman

    Jawab :

    Terimakasih atas pertanyaannya. Pengendalian hama uret sebaiknya dikombinasikan dengan cara biologis yaitu aplikasi jamur parasit "metarhizium" yang efektif menginfeksi hama tersebut melalui khitin. Pengendalian biologis ini efek knock down-nya tak secepat insektisida kimiawi tetapi mempunyai dampak yang lebih luas selama beberapa waktu. Serangga yang terinfeksi akan mati dalam beberapa hari, tetapi selama mereka masih hidup akan menyebarkan spora aktif pada tanah dan akan menularkan infeksi pada serangga yang ada di lahan. Kami sarankan aplikasi sejak awal dimana pada suatu lahan sudah pernah atau berpotensi terserang hama uret tersebut.

    Widodo

  • Tanya :

    Admin yth, Apakah yang dimaksud dengan akarisida itu? Apakah termasuk ke dalam salah satu jenis pestisida?

    Fatiha - Sleman

    Jawab :

    Akarisida merupakan salah satu jenis pestisida yang dikhususkan untuk mengendalikan hama dari jenis tungau (acarina)

    Widodo

AJUKAN PERTANYAAN

*Note : WA dan Email tidak akan dipublikasikan